Senin, 02 Maret 2015

Alasan-Alasan Umum Kenapa Orang Suka Menyontek

Alasan-Alasan Umum Kenapa Orang Suka Menyontek







Kata orang, banyak jalan menuju Cina. Bisa lewat darat, laut, atau udara. Ada juga via pintu Doraemon, tapi nggak tahu di mana belinya. Nah, begitu pun dalam hal mendapatkan nilai, jalannya ada banyak. Bisa via belajar atau via… nyontek.

Nyontek ini hukumnya belum jelas. Entahlah dia itu halal, haram, atau sunnah muakad. Tapi yang jelas, hampir setiap siswa di belahan dunia pernah melakukan hal curang ini. Kalau ada yang bilang dia belum pernah nyontek, pasti dia bohong, atau bisa juga dia nggak sekolah.

Nah, sebenernya apa sih yang melatarbelakangi seseorang untuk menyontek? Apakah demi menafkahi keluarga? Hemmm, rasanya tidak. Lalu apa? Oooh, ternyata ini dia alasan umum kenapa orang suka menyontek.

Gak Bisa


Alasan kita nyontek itu simple banget, karena kita nggak bisa ngejawab pertanyaan yang ada di lembar soal. Kalau kita bisa ngejawab, pasti kita nggak bakalan nyontek. Bahkan biasanya, kalau kita bisa ngejawab soal, kita malah nggak mau dicontekin.

Ragu-Ragu

Kalau alasan yang kedua ini, faktor utamanya bukan karena nggak bisa jawab soal. Tapi karena kita ragu-ragu. Kita bisa ngejawab soal, tapi karena ragu-ragu, kita suka nggak yakin sama diri sendiri. “Duh, jawaban gue bener nggak ya? Jawaban gue sama nggak ya sama dia?” Nah, dari keragu-raguan itulah muncul keinginan buat nyotek ke temen sebelah kita.

Males Mikir


Karena males mikir, kita jadi lebih milih untuk nyontek. Orang-orang yang males mikir dan lebih milih nyontek ini, adalah tipe orang yang menganut paham “mikir less, nyontek more”. Makanya, daripada pusing-pusing mikir lebih baik dia nyontek aja.

Terobsesi Buat Dapet Nilai Gede

Kita semua pengen dapetin nilai bagus. Tapi terobsesi untuk dapet nilai bagus, nggak semuanya. Ada yang saking nggak mau salahnya, dia rela ngelakuin apa aja biar nilainya sempurna. Nah, salah satu cara biar nilainya perfect itu adalah dengan nyontek. Huh, padahal percuma yah nilainya 100 tapi hasil nyontek mah.

Karena Ada Kesempatan

Kamu tahu jargon Bang Napi yang terkenal itu? Bang Napi bilang, kejahatan terjadi bukan karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Nah, nyontek juga gitu. Mungkin awalnya kita nggak ada niatan buat nyontek, tapi karena pas ujian tiba-tiba pengawasnya keluar, langsung deh kita nyontek.

Lemahnya Iman

Kalau lagi ujian itu, bisikan setan ada di mana-mana. Di telinga kiri, kanan, sampai bisik-bisik tetangga juga ada. Setan-setan itu, menggoda kita untuk nyontek ke temen kita yang jenius. Bisikan itu makin keras ketika kita belum bisa jawab soal padahal waktu ujian bentar lagi habis. Lalu karena kurangnya keimanan kita, maka terjerumuslah kita pada godaan setan yang terkutuk untuk nyontek ke temen kita yang pinter itu.

Jadi sodaraku, perbanyaklah ibadah agar kita semua terjauh dari hal-hal negatif seperti menyontek dan sejenisnya.


Ya, itulah alasan-alasan umum kenapa orang suka menyontek. Kamu sendiri suka nyontek nggak? Alasanmu apa? Tambahin juga alasan lainnya ya!

sumber: Nyunyu.com

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar